RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan  : SMA  NEGERI  1  KARANGNUNGGAL
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester :  XII / 2
Alokasi Waktu :  2 x 45 Menit ( 1 x Pertemuan )
Skill   :  Reading
I.Standar Kompetensi
Memahami makna teks tulis monolog berbentuk review.
II.Kompetensi Dasar
Merespon makna teks tulis monolog berbentuk review.
III.Indikator
1.Mengidentifikasi berbagai informasi yang ada didalam teks berbetuk review.
2.Mengidentifikasi struktur teks review yang dibaca. 
3.Menjawab pertanyaan dari teks berbentuk review.
IV.Tujuan Pembelajaran
1.Siswa dapat mengidentifikasi berbagai informasi dari teks berbetuk review.
2.Siswa dapat mengidentifikasi struktur teks review yang dibaca.
3.Siswa dapat menjawab pertanyaan dari teks berbentuk review.
V.Materi P embelajaran
A.Read the text carefully !
Brownies
A bite of sweet cake, a bite of love story.
Another Indonesian romantic drama feature film by a young and talented director,Hanung Bramantyo, will soon be released this year. Fans of Marcella Zalianty,Bucek Depp,and Arie U. Kuncoro will bw able to see their idols acting in a movie titled Brownies. The film is produced by SinemArt, which also produced ‘Mengejar matahari’’.
The theme is simple; it’s about love. Love with its bittersweet story becomes the highlight that enriches the movie plot. The reason is quite obvious: A love theme always attarct more people to come eo the cinema.
Mel ( Maecella zalianty), a copywriter in a advertising agency, has a life that’s focused on her job. Althought Mel is Engaged to Joe ( Phillipis Yusup), Didi (Renia) – her close friend-, questtion if  Joe is really Mel’s kind of guy.
Later in the story, Mel finds out that Joe has been going out with another girl all this time. Then, Mel, meets Are ( Bucek Depp), a young artist who writes, own a bookstore,and makes brownies!Are even has a small brownies shop that Mel loves to visit. Are’s artistic attitude and Joe’s betrayal have clearly affected Mel’s life.
Brownies is the first Indonesian movie that was shot using panasonic High Definition cameras, which results in a film that looks as if it’s recorded on standard celluloid film, while reducing production costs.
  
B. Answer  the question  based on the text!
1. The genre of the film is.............
2. The names of the actors and actresses are.............
3. The producer of the film is...................
4. The first paragraph is called the introduction or the...............
5. The third paragraph tells us about............. 
VI.Metode / Teknik
• Metode : Diskusi
• Teknik : Guided Reading
• Model : Cooperative Learning
VII.Kegiatan Pembelajaran 
1.Kegiatan Pendahuluan
• Guru mengucapkan salam,tegur sapa dan mengecek kehadiran siswa.
• Memberikan pertanyaan terkait dengan topik yang akan dibahas.
          2.  Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan tentang review teks dan struktur organisasi dari review teks seperti: orientation,interpretative recount,evaluation,evaluative summation.
• Guru menyuruh siswa membentuk kelompok. Setiap siswa diharuskan mempunyai buku  pegangan yang sama.Ini bertujuan agar setiap siswa dapat  membaca teks yang sama.
• Guru menyuruh siswa membaca secara pelan  teks review yang berjudul “ Brownies”.
• Guru  memperhatikan siswa selama  siswa membaca dan  merespon pertanyaan –pertanyaan  siswa seputar teks  atau  kata-kata didalam  teks  yang  tidak dimengerti siswa.
• Pertama-tama,siswa disuruh membaca teks pada  paragraf pertama secara pelan ,kemudian  setelah  siswa selesai membaca , guru menyuruh siswa membaca teks itu dengan  nyaring,secara bergiliran. 
• Guru menyuruh siswa mendiskuskan  isi teks pada paragraf pertama.
• Guru bertanya kepada siswa tentang isi teks pada paragraf pertama,kemudian siswa menjelaskan isi teks  itu.
• Guru menyuruh siswa melanjutkan kembali membaca paragraf 2 dan seterusnya seperti langkah – langkah diatas.
• Guru menyuruh siswa mengidentifikasi teks yang dibaca berdasarkan struktur organisasi dari review teks,seperti orientation,interpretative recount,evalation,evaluative sumation.
 3.Kegiatan Penutup
• Mempersilahkan siswa untuk menanyakan hal -hal yang kurang dipahami.
• Menyimpulkan materi pelajaran yang dibahas pada pertemuan tersebut.
• Guru menyuruh siswa kembali pada tempat duduknya masing-masing  dan menyuruh siswa mengerjakan soal- soal yang  berhubungan dengan teks yang dibaca.
• Guru menyuruh siswa mengumpulkan hasil kerjanya.
• Guru memberi tugas kepada siswa berupa PR membuat daftar kata kerja  yang terdapat dalam  teks tersebut.
• Guru mengakhiri  pelajaran dan  mengucapkan salam.
VIII.Sumber Belajar
Buku Look A head 3
IX.Penilaian
• Teknik  : Tulis
• Bentuk  : Esei
• Rubrik Penilaian.
NO URAIAN SKOR
1.
2.
3.
4.
5. Isi benar,tata bahasa benar,pilihan kata tepat.
Isi benar,tata bahasa  kurang tepat,pilihan kata tepat.
Isi benar,tata bahasa salah,pilihan kata kurang tepat.
Isi kurang tepat,tata bahasa salah,pilihan kata salah.
Tidak ada jawaban. 20
15
10
5
0
 Pedoman penilaian 
 Skor  Maksimal : 100
 Nilai Maksima  : l20 x 5 = 100
 Nilai Siswa  : Skor perolehan  
Tasikmalaya, 12 Januari 2011
Mengetahui, 
Kepala SMA  NEGERI 1 KARANGNUNGGAL              Guru Mata Pelajaran 
     
(....................................................)         (.........................................................)
 
good job
BalasHapus