RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP NEGERI .... TASIKMALAYA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ( 1 X Pertemuan)
Skill : Reading
I. Standar Kompetensi
Memahami makna teks tulis fungsional berbentuk narrative.
II. Kompetensi Dasar
Merespon makna dalam teks tulis fungsional berbentuk narrative dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat,lancar dan berterima.
III. Indikator
1. Memahami bacaan dan menjawab pertanyaan dari bacaan.
2. Mengidentifikasi berbagai informasi didalam teks.
3. Menyusun cerita berdasarkan gambar yang diberikan.
4. Mengidentifikasi struktur organisasi teks yang dibaca.
IV. Tujuan Pmbelajaran
1. Siswa dapat memahami bacaan dan menjawab pertanyaan dari bacaan.
2. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai informasi yang ada di dalam teks.
3. Siswa dapat menyusun cerita berdasarkan gambar yang diberikan.
4. Siswa dapat mengidentifikasi struktur organisasi teks yang dibaca.
V. Materi Pembelajaran
A.Read the text and look at the pictures below !
Calon Arang,A Balinese Story
There are as many texts as the pictures.Arrange the texts according to the pictures and you will have the story of Calon arang!
1). Calon arang had a daughter.Her name was Ratna Mangali.She was very beautiful.Yet nobody wanted to marry her because they were afraid of her mother.People began to talk about Ratna Mangali.
2). Long,long time ago,in Girah Village, there live an old woman.Her name was Calon arang.She was a very powerful woman.She had magical power.
3). The king sent his best soldier to arrest Calon arang but they failed.
4). Calon arang did not like people talking about her daughter.She loved Ratna Mangali very much.When she heard people talking her daughter ,she got angry.She cursed the village.people get ill and died.
5).Then the king called Mpu Baradah.The king asked for his help.
6). One day,Mpu Bahula asked Ratna Mangali to steal her mother’s magic book.When Calon arang was asleep,Ratna Mangali stole her mother’s magic book and gave it to her husband.
7).Mpu Baradah sent his student,Mpi Bahula ti Girah Village.
8). Then Mpu Bahula gave the book to Mpu Baradah.
9). Mpu Baradah told Mpu Bahula to propose Rana Mangali.
10). After he knew Calon arang’s magic secret,Mpu Baradah came to Girah Village.Calon arang and Mpu baradah had a fight.Calon arang lost the fight because she did not have her magical book anymore.that was the end of Calon arang.
11). Calon arang was verry happy when Mpu Bahula proposed Ratna Mangali.She know that people would not talk about her daughter anymore.She gave her daughter a big wedding party.
12). Story about Calon arang reached the king.
B. Answer the question based on the text!
1. who is Calonarang ?
2. Why did the king sent his best soldier to arrest Calonarang ?
3. What did Mpu Bahula ask to ratna Mangali ?
4.When did Ratna Mangali steal her mother’s magic book ?
5. Why did Calonarang loose the fight ?
V. Metode/Teknik.
• Metode : Diskusi
• Teknik : Guided Reading
• Model : Cooperative Learning
VII. Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
• Guru mengucapkan salam,tegur sapa dan mengecek kehadiran siswa.
• Memberikan pertanyaan terkait dengan topik yang akan dibahas.
2. Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan tentang narrative teks dan struktur organisasi dari narrative teks seperti: orientation,complication,resolution dan coda.
• Guru menyuruh siswa membentuk kelompok. Setiap siswa diharuskan mempunyai buku pegangan yang sama..Ini bertujuan agar setiap siswa dapat membaca teks yang sama.
• Guru menyuruh siswa membaca secara pelan teks yang masih acak yang ada didalam buku..
• Guru memperhatikan siswa selama siswa membaca dan merespon pertanyaan –pertanyaan siswa seputar teks atau kata-kata dalam teks yang tidak dimengerti siswa.
• Pertama-tama,siswa disuruh membaca teks pada nomor 1secara pelan ,kemudian setelah selesai , guru menyuruh siswa membaca teks itu dengan nyaring,secara bergiliran.
• Guru menyuruh siswa mendiskuskan isi teks itu.
• Guru bertanya kepada siswa tentang isi bacaan nomor 1,kemudian siswa menjelaskan isi bacaan itu.
• Siswa disuruh mencocokan isi bacaan itu dengan gambar yang berhubungan dengan cerita Calon Arang.
• Guru menyuruh siswa melanjutkan kembali membaca nomor 2 dan seterusnya seperti langkah – langkah diatas.
• Guru menyuruh siswa menyusun teks yang masih acak menjadi sebuah cerita.
• Guru menyuruh siswa mengidentifikasi teks yang telah mereka susun, berdasarkan struktur organisasi dari narative teks,seperti orientation,complication, resolution dan coda.
3.Kegiatan Penutup
• Mempersilahkan siswa untuk menanyakan hal -hal yang kurang dipahami.
• Menyimpulkan materi pelajaran yang dibahas pada pertemuan tersebut.
• Guru menyuruh siswa kembali pada tempat duduknya masing-masing dan menyuruh siswa mengerjakan soal- soal yang berhubungan dengan teks yang dibaca.
• Guru menyuruh siswa mengumpulkan hasil kerjanya.
• Guru Memberi tugas kepada siswa berupa PR membuat daftar kata kerja yang terdapat dalam teks tersebut.
• Guru mengakhiri pelajaran dan mengucapkan salam.
VIII. Sumber Belajar
• LKS (Lembar kerja siswa) kelas VII semester 2
• Gambar – gambar seputar cerita Calon Arang,A Balinse Story
IX. Penilaian
• Teknik : Tulis
• Bentuk :Esei
• Rubrik Penilaian.
NO URAIAN SKOR
1.
2.
3.
4.
5. Isi benar,tata bahasa benar,pilihan kata tepat.
Isi benar,tata bahasa kurang tepat,pilihan kata tepat.
Isi benar,tata bahasa salah,pilihan kata kurang tepat.
Isi kurang tepat,tata bahasa salah,pilihan kata salah.
Tidak ada jawaban. 20
15
10
5
0
Pedoman penilaian
Skor Maksimal : 100
Nilai Maksimal : 20 x 5 = 100
Nilai Siswa = Skor perolehan
Tasikmalaya, 10 Oktober 2010
Mengetahui,
Kepala SMP NEGERI ..... TASIKMALAYA Guru Mata Pelajaran
(....................................................) (............................................)
blog yang menarik...
BalasHapus